RUMAH KOMERSIAL DEPOK, SAWANGAN, CILODONG, BOGOR BOJONGGEDE, CITAYEM, JAKARTA CIBUBUR, PASAR REBO SUDAH TIDAK MAMPU DIBELI BELI RUMAH SUBSIDI MURAH CILEUNGSI KAB BOGOR AJA HARGA 145 JUTA, CICILAN 942 RIBU FLAT SAMPAI LUNAS INFO JELAS WA/HP : 089 5333 065 468, SEKIAN TERIMAKASIH

Tata cara Pengaduan Ke YLKI

Tata cara Pengaduan Ke YLKI
Tata cara komplain, pengaduan secara resmi  ke YLKI sobat bisa baca dalam ertikel ini.
Untuk memudahkan pengaduan ( komplain masalah sengketa ), maka akan dijelaskan bagaimana prosedur untuk dapat mengadu ke YLKI dan bagaimana proses serta mekanisme penanganannya.
Cara memudahkan aduan / pengaduan, akan dijelaskan bagaimana prosedur prosesnya untuk mengadukan solusi ke YLKI bagaimana proses serta mekanisme penangananya.
Tata cara yang dapat dilakukan telepon secara langsung online, surat menyurat by email / pos atau mendatangi kantor YLKI . PengadAduan melalui panggilan telepon dapat diklasifikasikan  menjadi jadi dua bagian
  1. Meminta  informasi atau nasehat  (advice), maka telpon itu cukup dijawab secara lisan pula dan diberikan advice pada saat itu juga dan selesai
  2. Aduan  untuk di lanjukan  Jika konsumen meminta pengaduannya ditindaklanjuti, maka si pengadu hrus  mengirim surat pengaduan secara tertulis resmi  ke YLKI yang isinya
  1. kronologis kejadian lengkap yang telah terjadi dialami sehingga hingga Ia dirugikan hak konsumennya
  2. Wajib mencantumkan  identitas dan alamat lengkap konsumen ( SIM/KTP/KK )
  3. Melampirkan semua  bukti barang  atau fotocopy dokumen pelengkap lainnya (kwitansi pembelian, kartu garansi, surat perjanjian )
  4. Apakah konsumen sudah pernah melakukan protes kompalin pertama kali ke pelaku usaha tersebut. Jika tidak sama sekali , maka konsumen dianjurkan untuk melakukan komplain tertulis ke perusahaan tersebut setelah itu baru laporkan ke YLKI
  5. Lampirkan / cantumkan  aduan  dari pengaduan konsumen tersebut secara detail lengkap
Kedua, setelah masuk kekantor ke YLKI, resepsionis meregister semua surat-surat yang masuk secara keseluruhannya (register I). Selanjutnya surat diberikan kepada Pengurus Harian setidaknya ada tiga yaitu (a) ditindaklanjuti/ tidak ditindaklanjuti (b) bukan sengketa konsumen (c) bukan skala prioritas. Surat di disposisikan ke Bidang Pengaduan Konsumen dilakukan register II Khusus sebagai data pengaduan.
Ketiga, setelah surat sampai ke personil yang menangani maka dilakukan seleksi administrasi disini berupa kelengkapan secara administrasi.
Proses Administrasi
Langkah selanjutnya dilakukan setelah proses administasi dan analisis substansi, yaitu korespondensi kepada pelaku usaha dan instansi terkait sehubungan dengan pengaduan konsumen.
Pada tahap pertama korespodensi dilakukan bisanya adalah meminta tanggapan dan penjelasan mengenai kebenaran dan pengaduan konsumen tersebut. Di sini YLKI memberikan kesempatan untuk mendengarkan kedua belah pihak yaitu versi konsumen dan versi pelaku usaha. Tidak jarang dengan korespodensi ini kasus dapat diterima masing-masing pihak dengan memberikan jawaban surat secara tertulis ke YLKI yang isinya permintaan maaf pada  konsumen dan sudah dilakukan penyelesaian langsung kepada konsumennya.
Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dalam korespodensi ini masing-masing pihak tidak menjawab persoalan dan bersikukuh dengan pendapatnya. Dalam kondisi ini YLKI mengambil inisiatif dan pro aktif untuk menjadi mediator / perantara. YLKI membuat surat undangan untuk mediasi kepada para pihak yang sedang bersengketa untuk mencari win win solusi.
Alur proses mediasi di YLKI :
YLKI memberi kesempatan penjelasan kepada kedua belah pihak untuk menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya tanpa boleh dipotong oleh pihak lain sebelum pihak pertama selesai memberikan penjelasan. Setelah masing-masing menyampaikan masalahnya, maka YLKI memberikan waktu untuk klarifikasi dan koreksi tentang apa yang disampaikan oleh masing-masing pihak.
Setelah problema utama  diketahui, maka masing-masing pihak berhak menyampaikan opsi atau tuntutan yang diinginkan, sekaligus melakukan negosiasi atas opsi atau tuntutan tersebut untuk mencapai kesepakatan ( win win solusi ) . Apabila telah dicapai kesepakatan, maka isi kesepakatan itu dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan. Tahap akhir dari proses mediasi adalah mengimplementasikan hasil kesepakatan.
Dalam penyelesai kasus ada dua kemungkinan penyelesaian dari hasil mediasi :
  1. terjadinya kesepakatan berarti selesai
  2. tidak terjadi kesepahaman kedua pihak ( deadlock ), artinya kasus selesai dalam tingkatan litigasi.
Dari pengalaman yang selama ini ditemui bidang pengaduan, mayoritas kasus dapat diselesaikan dengan tercapainya kesepakatan damai. Walau memang ada satu dua yang mengalami deadlock. Namun proses mediasi lebih efektif dan memudahkan untuk segera terselesaikan kasus yang ada.
Sumber : disadur dari situs ylki
tag : tata cara pengaduan YLI, aduan kompalain sengketa YLKI,

Tag : ARTIKEL
2 Komentar untuk "Tata cara Pengaduan Ke YLKI"

Bagaimana cara nya saya mengadukannya?? saya baru beli Rumah & baru saya tempati baru terlihat bocor & retak dimana2.padahal saya langsung membayar Lunas / cash.

langsung datnag ke ylyki saja dan kunjungi situs yltki saja

BAHAN BACAAN SOBAT

AGAR BOOKING FEE KPR TIDAK HANGUS (1) AGEN PROPERTI (6) ALAMAT APOTIK DEPOK (1) ALAMAT KAMPUS DEPOK (1) ALAMAT LOKASI RUMAH SAKIT DEPOK (1) APA BEDA OPEN LISTING DAN EXLUSIVE LISTING (1) APA YANG DIBERIKAN OLEH AGEN PROPERTI PROFESIONAL (1) APARTEMEN (4) ARTI DARI APHT SKMHT (1) ARTIKEL (2) ARTIKEL PROPERTY (6) ARTIKEL RUMAH (8) ARTIKEL UMUM (9) BANK (2) BERAPA LAMA DIPERLUKAN UNTUK MENJUAL RUMAH (1) BIAYA SAAT MEMBELI RUMAH (1) BIOGRAFI TOKOH (2) BISAKAH ANDA MENJUAL RUMAH SENDIRI (1) BLOGGER (1) CARA CEPAT JUALAN RUMAH (1) CARA MEMULAI BISNIS PROPERTY (1) CARA MENAIKAN SERTIFIKAT HGB JADI SERTIFIKAT SHM (1) CARA MENCARI AGEN PROPERTI (1) CARA MENETUKAN HARGA RUMAH YANG WAJAR (1) CARA MENGETAHUI HARGA PASARAN RUMAH (1) CARA URUS SERTIFIKAT RUMAH HILANG (1) DAFTAR HARGA SEWA PICK UP (1) DAFTAR MAAL DEPOK JABODETABEK (1) DAFTAR PERUMAHAN DI CILEUNGSI (1) DAFTAR PERUMAHAN MURAH BEKASI (1) DAFTAR PERUMAHAN MURAH DEPOK (1) DAFTAR RUMAH SAKIT DEPOK (1) HARGA PASARAN PINDAHAN RUMAH DEPOK (1) IMB (1) INVESTASI (5) JALAN JALAN KEBOGOR (1) JUAL RUMAH (4) JUAL RUMAH BOGOR (5) JUAL RUMAH CIBINONG TANPA DP (2) JUAL RUMAH CILODONG DEPOK (3) JUAL RUMAH DEPOK (4) JUAL RUMAH DI BINTARO (1) JUAL RUMAH DI DEPOK (14) JUAL RUMAH DP 0 % (2) JUAL RUMAH MEWAH DEPOK 500 JUTA (1) Jual Rumah Minimalis Depok (1) JUAL RUMAH MURAH (1) JUAL RUMAH MURAH PAMULANG (2) JUAL RUMAH TANPA DP (4) KAPAN WAKTU YANG TEPAT MENJUAL RUMAH (1) KECAMATAN DEPOK (2) KERJSAMA PEMASARAN RUMAH (1) KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN AGEN PROPERTI (1) KIAT SUKSES BISNIS KONSTRUKSI (1) KODE POS DEPOK (1) KONTAK INFORMASI (1) KPR (7) LANGKAH AMAN MEMBELI RUMAH IDAMAN (1) LANGKAH JADI DEVELOPER RUMAH (1) LANGKAH PENGEMBANG RUMAH (1) MARKETING (1) MENGAPA SAYA MEMBUTUHKAN AGEN PROPERTI (1) PEGUSAHA KAYA (1) Pembeli Rumah Palkor php (1) PENGEMBANG NAKAL (1) PENGUSAHA KAYA (2) PERKEMBANGAN KOTA BOGOR (1) PERUMAHAN BARU DEPOK (1) PERUMAHAN BARU PAMULANG (1) PERUMAHAN MURAH DEPOK (1) PERUMAHAN WITANAHARAJ PAMULANG TANGSEL (1) PROPERTY (9) RUMAH (18) RUMAH 325 JUTA BOJONGGEDE TANPA DP (2) RUMAH 400 JUTA CIBINONG TANPA DP (2) RUMAH 430 JUTA CILODONG DEPOK. (1) RUMAH 485 JUTA DEPOK KALIBARU (2) RUMAH 500 JUTA CILODONG (2) RUMAH 530 JT PAMULANG (1) RUMAH DEPOK TANPA DP (1) RUMAH DIJUAL (5) RUMAH DIJUAL MURAH (13) RUMAH DISAWANGAN 420 JUTA TANPA DP (1) RUMAH MURAH (1) Rumah Murah Cileungsi Bogor (1) RUMAH READY STOCK 500 JT DEPOK (1) RUMAH SUBSIDI (1) SITU DIDEPOK (1) SUMBER MODAL DEVELOPER RUMAH (1) TAMAN WISATA MEKARSARI (1) TANAH (1) TEMPAT WISATA (2) TIP AMAN MEMBELI TANAH (1) TIP BANGUN RUMAH SENDIRI (1) TIP BELI MOTOR (1) Tip Beli Rumah (1) TIP FENGSUI (1) TIP MEMBELI MOBIL BEKAS (1) TYPE PEMBELI RUMAH (1) Video Jual Rumah Bogor (2) VIDEO JUAL RUMAH CIBINONG (1) Video Jual Rumah Depok (1) VIDEO JUAL RUMAH SAWANGAN (1) Video Rumah (2) YANG MEMBANTU MENENTUKAN HARGA RUMAH SAAT DIJUAL (1)

Baca Ini Jika Mau Beli Rumah

"Sobat Niat / Membutuhkan rumah baru"
Yang Hemat Biaya, Hemat DP, harga terjangkau.

Infokan pada Kami Apa pekerjaan Anda ?
Infokan gaji bulanan Anda tiap bulannya ?
Sudah Nikah atau Belum ? Harap Katakan Dengan Jujur

Jika Kami sudah tahu informasi diatas, Kami akan menyodorkan harga rumah yang sesuai dengan penghasilan Anda perbulanannya. Pastinya harga rumah DP super ringan, biaya minimal dan ekonomis.

Jangan lupa untuk lakukan survey lihat unitnya !
Beli rumah itu cocok cocokan (jodoh jodohan) datang saja dahulu keproyek Kami. Kalian bisa Lihat unitnya, lihat brosur, dan Cek angsuran KPR bank bulanannya, Cocok silakan Booking Tidak cocokpun tak masalah Anda bebas merdeka jika tidak beli rumah disini
Layanan Promo yang tersedia dikami :
-Rumah Tanpa DP pasti hemat
-Free biaya KPR, BPHTB, IMB, Notaris
-Cukup Niat Saja Bisa Beli Rumah

Info jelas ;
Arif. Hp/wa 0895333065468
Sekian dan terimakasih atas perhatiannya
Infokan juga kawan2x Anda yang cari rumah Tanpa DP, bisa proses di tempat Kami.
Blog Info Rumah Dijual Murah tip Jual beli rumah, property, Kpr rumah, agen properti, artikel umum, Jual rumah murah Depok, Bogor, Bojonggede, Salam blogger
Back To Top